Langsung ke konten utama

MODEL RPP SATU LEMBAR PADA MASA COVID-19

Hi teman-teman, buat kalian yang nyari contoh RPP masa covid 19 ini aku kasih contohnya.  semoga membantu  :)


RENCANA PERANGKAT PEMBELAJARAN

DARING

Satuan Pendidikan                       : SMAN 

Mata Pelajaran                           : Biologi

Kelas / Semester                       : X / Ganjil

Materi Pokok                         : Ruang Lingkup Biologi

Alokasi Waktu                       : 9 JP (3 kali pertemuan)

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat memahami hakikat biologi sebagai ilmu sains serta permasalahannya pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan sehingga tercapai kompetensi keterampilan (mengamati, mencoba, merancang, dan menyaji), sikap sosial (jujur, santun, dan tanggungjawab), dan sikap spiritual (mensyukuri ciptaan Tuhan YME) melalui pembelajaran discovery learning.

B.       KEGIATAN PEMBELAJARAN

Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan Ke-1: Materi Hakikat Biologi Sebagai Ilmu Sains

 

KEGIATAN

 

WAKTU

STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DARING

Pendahuluan

Berdoa, menyiapkan peserta didik dan memotivasi, apersepsi, menyampaikan tujuan, dan menjelaskan garis besar kegiatan.

10 menit

Media:

WhatsApp Group, google classroom dan Youtube

Kegiatan Inti

Mengamati stimulus

1.     Peserta didik diarahkan untuk mengamati stimulus berupa video “Hakikat Biologi sebagai Ilmu” melalui link youtube https://www.youtube.com/watch?v=ONCiE9m59cc

Mengidentifikasi masalah

2.     Peserta didik diarahkan untuk menjawab pertanyaan terkait hasil pengamatan stimulus.

10 menit

Mengumpulkan data

3.     Peserta didik melakukan kegiatan pengumpulan informasi terkait materi Hakikat Biologi secara mandiri dibimbing guru.

20 menit

Berdiskusi melalui google classroom dengan bimbingan guru.

 

Mengolah data

4.     Peserta didik melakukan diskusi untuk

mengolah informasi yang telah diperoleh.

20 menit

Memverifikasi

5.     Guru  memberikan verifikasi hasil pengolahan informasi kepada peserta didik.

Menyimpulkan

Guru mengarahkan semua peserta didik untuk menyusun simpulan.

15 menit

Guru membimbing peserta didik melalui google classroom

Penutup

menyusun refleksi/umpan balik, mendiskusikan tugas, menjelaskan rencana pertemuan berikutnya.

5 menit

 

C.       PENILAIAN

No.

Aspek

Teknik

Bentuk Instrumen

1.

Sikap

Observasi

Jurnal

2.

Pengetahuan

Tes Tertulis

Soal Uraian

3.

Keterampilan

Produk

Tabel Penilaian Produk

 

                                                                                                                                                Singojuruh, 13 Juli 2020  

Kepala SMAN                                                                                                          Guru Biologi

                           

                                                    

 

                                                                                                                               

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sampling Dan Analisis Vegetasi

LAPORAN PRAKTIKUM EKOLOGI TUMBUHAN “SAMPLING DAN ANALISIS VEGETASI DENGAN METODE PLOT” Disusun oleh: KELOMPOK 3 Nurul Aini (140210103037) Desy Putri Islamiyah (140210103044) Rohmatul Islamiyah (140210103046) Rosita Veris (140210103058) Nafilah (140210103065) Rahmat Bayu Suseno (140210103067) Arinda Eka Lidiastuti (140210103074) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER 2016 BAB 1. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Ekologi merupakan salah satu ilmu dasar bagi ilmu pengetahuan.  Dalam ilmu lingkungan, seperti halnya dalam ekologi jasad hidup (organisme) pada dasarnya dipelajari dalam unit populasi.  Populasi adalah sekelompok individu-individu jasad hidup (organisme) yang sejenis yang hidup dalam suatu lingkungan tertentu. Respon terhadap rangsangan merupakan salah satu ciri utama kehidupan sehingga dengan adanya ciri ini orga

LAPORAN BIODAS : DIFUSI DAN OSMOSIS

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI DASAR DIFUSI DAN OSMOSIS Nama : Desy Putri Islamiyah NIM: 140210103044 Kelas: A Reguler Biologi Kelompok: 5 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER 2014 I. JUDUL DIFUSI DAN OSMOSIS II.   TUJUAN Untuk memahami permasalahan yang terjadi dalam percobaan mengenai difusi dan osmosis. III.                         DASAR TEORI Ada tiga macam gerakan ion atau molekul zat untuk melewati membran plasma yaitu difusi, osmosis dan transpor aktif. Pergerakan molekul-molekul zat secara difusi dan osmosis tidak memerlukan energi sehingga disebut transpor pasif sedangkan transpor aktif memerlukan energi untuk pergerakannya (Sulistyowati, 2010:8). 1.       Difusi Difusi merupakan suatu proses penyebaran molekul-molekul suatu zat yang ditimbulkan oleh suatu gaya yang identik dengan energi kine

LAPORAN BIODAS : GOLONGAN DARAH PADA MANUSIA

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI DASAR GOLONGAN DARAH PADA MANUSIA Nama : Desy Putri Islamiyah NIM: 140210103044 Kelas: A Reguler Biologi Kelompok: 5 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER 2014 I. JUDUL GOLONGAN DARAH PADA MANUSIA II.   TUJUAN Setelah selesai praktikum ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan penggolongan darah pada manusia. III.                         DASAR TEORI A.     Pengertian Darah Setiap saat, dalam tubuh manusia terjadi proses sirkulasi berbagai macam zat yang dibutuhkan tubuh. Diperlukan peredaran media pengantar dan alat-alat yang turut berperan dalam sirkulasi untuk melakukan proses ini. Media dan alat-alat ini bekerja bersama-sama membentuk suatu sistem yang dikenal dengan sistem sirkulasi darah. Media yang berperan dalam peredaran zat-zat penting ke seluruh tubuh ini adalah dara